Minggu, 02 Juni 2013

And The Story Goes, KOREA..!! Day 2 (Sokcho)

Selamat pagi Seoul, jam 5 pagi waktu korea gw bangun trus langsung mandi. Sambil ngebangunin temen-temen yg lainnya.

selamat pagi Seoul (taken from 19th floor Hongdae hostel paradisetel building)

Yak hari ini hari senin, mau kemana kitaaaa?? Sokcho!! Berikut itinerary hari ini (13 Mei 2013) :
1. Mount Seorak
2. Abbai Village
3. Rodeo Street

Ayooo team, kita harus berangkat pagi hari ini. Cepat.. cepaaaaatttt!! Oh iya, karena kita akan meninggalkan Seoul dalam beberapa hari jadinya kita packing baju untuk beberapa hari kedepan (sekitar 3 - 4 hari). Sementara baju sisanya kita mau titip di Hostel selanjutnya masih di daerah Hongdae. Yak karena ada teman yg bilang pesen hostelnya nanti-nanti aja, alhasil kita gak kebagian kamar di Hongdae Hostel untuk 3 hari terakhir di Seoul. Udah gak usah nanya, siapa lagi kalau bukan si Mr. Nanti-nanti Bimo!!

Untuk hari terakhir di Seoul kita akhirnya dapet Hostel "Kim's friend Guesthouse Hostel". Tempatnya rada jauh kedalam, kita mesti jalan kaki sekitar 10 menitan atau lebih sih gak perhatiin juga. Ya agak jauhlah ya dari Hongik Station. Yang punya orang bule, namanya Samuel. Biaya permalam yg kita dapet sebesar W 15.000. Yaudah cerita tentang hostel yg satu ini nanti aja di judul selanjutnya ya, yg terpenting sih kita di bolehin titip koper selama kita meninggalkan Seoul & akan check-in di 3-4 hari kedepan. Alhamdulillaaaaahhh... :)

Okeh selesai sarapan pagi (udah disediain di Hongdae hostel), selesai pamitan sama oppa peter, selesai titip koper di Kim's hostel, cuuuss jalan kaki ke hongik station menuju Dangsan station yg selanjutnya kita akan turun di Express Buss Terminal Station. Dari sini kita mau naik bus ke Sokcho, Biaya busnya seharga W 18.100 per orang.

waiting for a bus at Seoul

 Express Bus Terminal Station

Tiket bus menuju Sokcho

Setelah dapet tiket kita langsung duduk di ruang tunggu, disana gw kenalan sama cewe asal Malaysia. Aduh masyaallah gw lupa tanya namanya -_- Gw harus bilang Salute sama dia, why? Karena ini kali pertama dia pergi ke Korea, dia cuma sendirian!! Dia udah beberapa hari di jeju, sekarang dia one day trip ke sokcho. Dia gak bisa bahasa korea, tapi dengan PDnya dia tetep cuuuss keliling Korea.. WOWW!!

Jam 8 pagi lewat 20 menit kira-kira, bus jurusan ke Sokcho datang. Gak pake lama gw & teman-teman langsung naik ke bis. Tapiiii, seperti biasa bimo & emir bikin masalah. Mereka ngilang cari makan ke Lotteria!! Akhirnya kita sepakat buat ngerjain mereka berdua, kita angkut tasnya yg super berat itu ke bagasi bus biar aja mereka nyariin -_- Dan, orang Korea itu tepat waktu! Tepat jam 08:30 teng, bus langsung mundur kebelakang siap mau jalan. Tapi si 2 Idiot itu belum juga nongolin mukanya! Akhirnya Icha dengan rasa malu & agak bersalah dengan penumpang lainnya terpaksa bilang ke supir mohon maaf karena teman kami masih ada yg tertinggal. Gw gak tau deh si supir & kondektur itu marah apa enggak, tapi raut mukanya juga keliatan gak enak gitu ya, ditambah tatapan mata penumpang lainnya yg bagaimana gitu gw jadi maluuu.. mungkin juga dia bilang "Indonesia oh Indonesia" -____- maafkan kami ya ajussi :(

Gak berapa lama si 2 Idiot pun naik ke bus, spontan gw & yg lainnya teriak "Kebiasaaaaaaannnnn!!" sambil agak kesel! Gilak ya, bener-bener ya si bimo & emir ini. Gak di indonesia, gak di luar negeri pun masih aja bikin masalah hadeh! Setelah icha konfirmasi akhirnya si supir nutup pintu & bergegas jalan.

Setelah sekitar 3-4 jam nge-bus, sampailah kita di Express Terminal bus di Sokcho. Brrrrrrr dingiiiiinnn, gw sampe gemetar!! Ada kali suhunya dibawah 10 derajat, padahal itu seberangnya pantai loh (pantai tempat syuting Endless love) aneh! Disini kita agak lama gara-gara bolak-balik cari terminal bus untuk beli tiket bus ke Busan & money changer untuk tukar dollar karena udah kehabisan won. Kalau gw sih cukup alhamdulillah.. Tapi setelah kesana kemari, telp sana telp sini, tetep gak ketemu. Yah gak tau apa emang gak ngerti apa gimana ya teman-teman atau orang-orang disana. Yang jelas, komunikasi pake bahasa inggris disini susyeeeeee.. Trus ya di loket di terminal bus express ini juga tulisan hangul semua, gak ada inggrisnya + petugas loket jg gak ngerti bahasa inggris + lagi orang-orang sekitar yg kita tanyain pun gak ngerti bahasa inggris. Membuat komunikasi semakin sulit! Akhirnya kita memutuskan untuk langsung berangkat aja ke Mount Seorak dengan bus no. 7. Karena gak bisa pakai T-Money akhirnya kita bayar uang cash sebesar W 1.100 untuk busnya. Karena kehabisan kata-kata untuk ngomong (takut si supir gak bisa bahasa inggris) ke supir, akhirnya sebelum naik bus kita semua 1 per satu cuma nunjukin uang 1 lembar W 1.000 + 1 logam W 100, setelah ajussi supir mengangguk tanda setuju/benar barulah kita naik bus tersebut!! hahhaa bahasa isyarat/bahasa tubuh emang udah yg paling bener daaahh! :D

Pas naik bus, pemandangan penumpang isinya nenek-nenek semua dengan perlengkapan naik gunungnya (tongkat, sepatu kets, ransel & topi yg modelnya lebar didepan). Gak cuma itu aja, penampilan mereka pun sangat colorful! Eye catching sekaliii! Warna warni bangetlah ciri khas nengki-nengki sana itu. hahhaa.. 

Perjalanan ke Mt. Seorak itu agak lumayan lama kira-kira setengah jam-an lebih ya, gak tau juga turun di halte apa. Tapi yg penting sih kita udah info ke ajussi supirnya kalau kita mau ke mt. sorak. Tapii yaaa tetep aja takut nyasar juga, secara udah baca sendiri kan cerita gw di awal kalau susah komunikasi di sokcho itu -__- Eh eh ada 1 ahjumma yg mungkin dengerin kita ribut-ribut di bus sambil nyebut-nyebut Mt. Seorak & baca peta. Trus dia negur pake bahasa korea gitu, kira-kira mungkin artinya ya "Turun di Mt. Seorak? Tenang nanti turunnya bareng saya" sambil nunjuk-nunjuk ke arah depan jalan ngomong sama icha. Begitu sih kira-kira pemikiran gw hahaha :D Gapapalah ya, itu aja udah baik banget dia mau ngarahin kita :')

Touchdown Mount Seorak (Seoraksan). Ini gunung loh, gunung!! Tapi panaaaasss!! (0_0)

 baru turun dari bus di Mt. Seorak (ki-ka : dimas, wahyu, icha, feby)


gw & dimas didepan pintu masuk Mt. Seorak

tempat sewa loker, kalau ada yg mau titip tas & sebagainya disin

Oh iya, kalau ada yg mau sewa loker disini ada loh. Gw & teman-teman semua titip tas disini sebelum naik gunung. Bawaan gw gak berat & gak banyak, jadi cukup sewa loker yg kecil saja seharga W 1.000 itu pun loker isinya berdua sama reno. Jadi W 1.000 dibagi 2 sama reno.. hehhee Cuuusss langsung masuk kedalam gerbang & lihat pemandangan di Soraksan Park. Cakeeeepp,,, nih poto-potonyah :D

foto bareng beruang Seoraksan :p

 Liat donk pemandangan gunungnyaaa, cakep kaaann ^^

 sambil ngomong "tuh gunungnya" *nunjuk kearah gunung*

patung tentara yg katanya lagi nunjuk ke arah Korea Utara *katanya*

lolos audisi boyband & girlband korea hahhahahaha

Sampailah kita di tempat naik Cable car seharga W 9.000 (PP) menuju Mt. Seorak. Yaiyalah pake cable car, kalau harus nanjak pake kaki kesana ya gempoorr! :D

tempat penyewaan cable car


icha, dimas, emir & feby di dalam cable car

cable car yg sedang jalan menuju arah balik (turun)

Sampai diatas, ternyata kita belum sampai ke gunungnya. Tapi baru sampai ke semacam tempat peristirahatan gitu deh. Ada restaurant & tempat untuk foto-foto gitu.

 Hollaaaa ^^

 rest area at Mt. Seorak

 "wah jakarta disebelah mana ya?" :D

istirahat dulu sebelum nanjak :p

Lanjoooottt gak pake lama langsung nanjak ke Mt. Sorak, kali ini jalan kaki *ngosh ngosh* Sekitar berapa jam yak, kayaknya gak lama juga deh. Mungkin sekitar setengah jam deh nanjak sampailah kita di puncak Mt. Seorak. Tapi pemandangan gak biasa tersaji disini. Sekali lagi gw mau bilang kalau ini gunung! Tapi kenapa masih banyak nenek-nenek korea yg pake heels dimariii??? Huwaaaaa mau nangis rasanya gw liatnya, berasa tertampar sementara gw yg pake sepatu santai/sport aja rasanya udah hampir kehabisan nafas cuuuyy!! -____- ini sorry banget gak ke capture, tapi gak hoax yak, soalnya rasanya gak sopan nyuri foto orang. Apalagi orang Korea yg katanya paling gak suka difoto tanpa izin.

nanjak, nanjak ke Mt. Seorak

me with 2 idiots :D

 at Mt. Seorak

di puncak Mt. Seorak :D

Fyi, diatas sini panaaaaassss + anginnya yg super kenceeeennngg, makanya gw duduk aja takut terbang ketiup angin :D Selesai dari sini kita langsung turun gunung lagi, naik cable car lagi, ambil tas di loker, truss cuuuss lanjut nge-bus seharga W 1.100 ke arah kota (Sokcho) mau turun di Rodeo Street. Dan kita pas banget turunnya di depan Rodeo Street.

Rodeo Street at Sokcho

Niatnya sih mau langsung cari makan disini, tapi keinget temen-temen yg lain belum punya won. Jadinya ya kita langsung cari Money Changer di deket situ. Dan alhamdulillah akhirnya ketemu juga. Nama tempat penukaran uangnnya IBK alias Industrial Bank of Korea. Dan namanya bukan Money Changer, tapi Money Exchange. ckckck... Disini rate-nya lumayan tinggi ternyata ($ 1 = W 1.102). Gw tuket $ 200 saja, karena yg $ 100 mau gw keep dulu. Pakenya nanti aja kalau emang mendesak :D


IBK (Industrial Bank of Korea

Namanya Money Exchange, bukan Money Changer hahahha -___-

Pas lagi enak-enak duduk sambil nunggu temen-temen gw yg lagi transaksi nuker won, tiba-tiba ada petugas yg kasih kita semua yakult sama coklat. Terus dengan ramahnya dia tanya apa ada yg bisa dibantu (pake bahasa inggris). Temen-temen yg tentu aja lagi kebingungan nyasar di sokcho, pas di suguhin pertanyaan itu langsung tanpa pikir panjang menyambut dengan banyak pertanyaan juga... hahahaha kesempataaaaaannnn!! :p Bimo langsung tanya dimana tempat makan yg paling murah & recomended di sokcho? Dimana terminal bus yg bisa langsung ke Busan? Trus cara kesana naik apa? Arahnya kemana? wahahaha... Tapi ya dengan ramahnya dia langsung bersemangat menjawab pertanyaan bimo semuanya. Sampe bolak balik kesana kemari, baca peta, liat di komputer, nyari no telepon, dll. waaaahhh terharu loh gw.. Sampe akhirnya setelah ngobrol & bercanda-canda sebentar, pas kita mau jalan ternyata diluar hujan yg agak lumayan deras. Akhirnya dia suruh kita neduh dulu, trus dia masuk kedalam yg gataunya dia telponin taksi buat kita.. Subhanallah, baik sekaliiii oppa ini.. Semoga Allah membalas kebaikannya ya aamiinn,, *terharu* :')

 yakult & coklat yg dikasih oppa Eidden :)

foto bareng oppa Eidden *doi disebelah gw yg pake kacamata* ^^

Oh iya, nama si oppa itu Kim siapa gitu, tapi katanya panggil aja dia Eidden. Sambil nunggu taksi datang, kita si oppa tanya abis ini mau kemana lagi? Trus dengan semangat kita semua jawab, abis ini ke Busan, Jeju & balik ke Seoul. Spontan si oppa jawab "wow, you're rich man", serentak kita semua ketawa :D Gak lama taksi pun datang, terus ternyata si oppa udah nyiapin kertas yg ada tulisannya untuk dikasih ke supir taksinya. Kertas itu bertuliskan alamat tempat makan yg dia recommend buat kita. Setelah ajussi taksi mengangguk tanda ngerti, barulah kita semua naik taksi tersebut & dianter ketempat yg dimaksud Eidden. Sekali lagi gw terharu dengan kebaikan oppa, kepikiran loh buat nyariin kita taksi :') God bless you oppa!! ^^

Pas ditengah jalan ternyata si ajussi taksi agak lupa alamatnya gitu aka nyasar cuuuyy!! hahaha once again, "Lost in Sokcho" x)))) Akhirnya, dengan pengetahuan yg ajussi punya, dia bawalah kita ke satu restaurant bulgogi di sekitaran situ, ya daripada nahan lapar kelamaan kan yeh. Oh iya harga per-taksi = W 5.000.

Di restaurant ini juga, si ahjummanya baiiiiiikkkk banget!!! Mau tau?? Cuuss dengerin cerita gw.. hehhee.. Waktu pertama kali masuk restaurant ini tuh suasananya sepi, trus ada satu ahjumma yg menyambut kita. Lalu seperti biasa icha yg bertugas untuk tanya (pake bahasa korea :D) & memastikan kalau makanan yg akan kita pesen itu gak ada daging babinya. Dan ahjumma mengangguk tanda mengerti. Setelah menunggu beberapa lama, datanglah makanan yg kita pesan. Banyak cuuuyy hahaha


 Bulgogi *slurp*

bulgogi porsi besar

muka senang udah kenyang :D

Nah pas makanan udah siap, si ahjumma bilang "silahkan dimakan". Tapi kita semua pada bengong, bingung gatau harus darimana makannya, gatau cara makannya gimana.. hahahha *koplak* Dan si ahjumma langsung ngajarin kita semua cara makannya hahhaha norak ah :p

Selesai makan langsung bayar yg biayanya agak WOW!! (W 15.000/orang). Tapi gapapalah, makanannya enaaaaakkk!! *angkat jempol* ^^

 foto bareng ahjumma yg baiiiiikk hati itu :')

Cuss langsung siap-siap pergi menuju terminal bus buat beli tiket bus ke Busan yg jalan tengah malam nanti. Kata bimo terminalnya deket dari restaurant itu, tinggal lurus kedepan trus belok kanan di perempatan. Fyi, cuacanya dibawah 10 derajat ada kali brrrr dingiiiiiiinnn, gw aja sampe pake sarung tangan. Padahal yah, didepannya itu laut!! -_-

Pas udah 10 menit jalan gitu, tiba-tiba dari belakang ada yg klakson. Langsung donk kita nengok, ternyata si ahjumma di restaurant bulgogi tadi. Ternyata dia nawarin tumpangan buat ke terminal bus Sokcho. Whoaaaaahhh Subhanallah, baiknyaaaa... Dengan perasaan terharu, kita langsung masuk ke dalam mobil (gw, icha, reno & emir). Iya karena mobilnya cuma untuk maksimal 5 orang ternasuk supir, akhirnya dia dengan sukarela menjemput kita 2x balik (2 rombongan). Bayangkan kawan, bayangkann!! Dan ternyata tuh terminal busnya lumayan jauuuuhh kalau jalan kaki! Bimoooooooo!!! *teriak* Alhamdulillah ya ketemu ahjumma, ahjummaaaaaa i love youuuu!!! :* Gamsahamnidaaaa...

icha & me at terminal bus Sokcho, finally! :D

Setelah semua kumpul di terminal, kita buru-buru langsung beli tiket bus ke Busan seharga W 46.000 untuk keberangkatan tengah malam nanti (mahal cuuyy). Kira-kira itu nanti berangkatnya jam 11 malam & memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan, That's why kenapa kita pilih bus malam, pertama kita bisa irit waktu, kedua supaya kita gak keluar uang untuk sewa penginapan lagi. Tapi ya jeleknya kita jadi gak mandi selama di Busan itu hahahhaa -___-

Okeh, sambil buang waktu nunggu sampai jam 11 malem nanti, kita putusin untuk keliling lagi. Yak Destinasi selanjutnya kita adalah Abbai Village (tempat syuting drakor Endless Love). Dari terminal bus sokcho itu kita langsung naik taksi seharga W 2.800 meluncur langsung ke Abbai Village. Kita diturunin di sekitaran dermaga gitu deh, trus jalan kaki ke arah kolong jembatan & sampailah kita di tempatnya eunseo & jeunseo (endless love) berada. Gak pake lama, langsung foto-foto di patungnya & nyebrang naik getek ke tempat tinggal eunseo yg di film itu. Harga geteknya cuma W 200  itu tuh deket banget jaraknya, palingan sekitaran 20 meter kalau jalan kaki.

hey Jeunseo kamu selingkuh di depanku!! #plak *drama* :D

di dalam gardu telepon yg dipake euseo waktu nelpon jeunseo :D

getek yg di pake eunseo untuk pulang kerumahnya *apasih heboh sendiri gw :D*

Setelah nyebrang, kita langsung keliling daerah itu. Ternyata daerah itu deket sama Rodeo Street yg tadi siang kita lewatin. Gw & icha karena udah agak semaput menahan dingin yg bener-bener dingin banget itu, udah gak punya keinginan banget buat cari tau isi di dalam Rodeo Street itu. Yang jelas sih di daerah situ tuh bau amis dimana-mana. Mungkin juga karena dideket situ itu kayak pasar ikan gitu deh.

 gw dengan view Rodeo Street dibelakang gw

Ya karena udah kecapean juga gw & icha akhirnya mutusin untuk istirahat duduk. Sementara kita duduk, cowo-cowo mutusin untuk keliling & bimo stay untuk jagain tas. Itu katanya bimo, tapi pada kenyataannya pas cowo-cowo yg lain udah pergi, si bimo malah ninggalin gw berdua sama icha yg hampir membeku kedinginan sambil jagain tas!! Ngerjain dia!!! BIMOOOOOO!!!! *teriak* Gak lama pulanglah si reno & selamatlah kita akhirnya bisa berdiri juga jalan-jalan ngilangin dingin.

liat nih dikerjain sama bimo dkk, disuruh nungguin tas -___-

Selesai keliling-keliling Abbai Village & Rodeo Street, kita semua berangkat langsung jalan kaki ke terminal bus Sokcho. Lumayan jauh sih kalau jalan kaki, tapi deket banget kalau naik kendaraan. Dan kita mutusin untuk jalan kaki, biar sekalian ngilangin dingin yg melanda juga sih. Sampai di terminal, duduk istirahat sebentar, ada juga yg beli makanan ke mini market terdekat. Ya pokoknya terserahlah ya kemana aja mereka-mereka itu asal jangan sampe telat ketinggalan bus terakhir malam itu aja. hahaha Dan tepat waktu yg sudah dijadwalkan, bus pun berangkat menuju Busan. Dan kita pun bersiap tidur. Busan, i'm comiiinnngg!! See you tomorrow!! ^0^

Report biaya hari ini :
1. Bus ke Sokcho W 18.100
2. Bus ke Mt. Seorak W 1.100
3. Tiket masuk ke Mt. Seorak W 3.500
4. Cable car W 9.000
5. Bus ke Rodeo W 1.100
6. Makan Bulgogi W 15.000
7. Bus ke Busan W 46.000
8. Taksi dari IBK ke restaurant bulgogi W 1.250
9. Taksi dari sokcho bus terminal ke Abbai Village W 700
10. Naik getek W 200
11. Locker W 500

Jadi total jajan hari iniii (Day 2) *lemes* = W 96.450 (sekitar 1 juta rupiah) :(

5 komentar:

  1. Assalamualaikum saudari, Dalam perjalanan 6 jam menaiki bas ke Busan, ada berhenti untuk ke kamar kecil?

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum saudari, Dalam perjalanan 6 jam menaiki bas ke Busan, ada berhenti untuk ke kamar kecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsallam.. Ada mba, kurang tahu berenti dimana tapi Ada sekali pemberhentian untuk ketoilet sebentar.

      Hapus
  3. Halo mba mau tanya beli tiket bis dari sokcho ke busannya itu pas begitu sampe di express bus terminal langsung beli ato gimana? Kira2 cepet abis ga ya tiketnya? Bisnya itu tempat duduknya 2-1 ato 2-2? Thanks

    BalasHapus
  4. Halo mba mau tanya beli tiket bis dari sokcho ke busannya itu pas begitu sampe di express bus terminal langsung beli ato gimana? Kira2 cepet abis ga ya tiketnya? Bisnya itu tempat duduknya 2-1 ato 2-2? Thanks

    BalasHapus