Sabtu, 01 Juni 2013

And The Story Goes, KOREA..!! Day 1 (Nami Island)

Jam 4 pagi (di jam tangan gw) ternyata udah jam 6 pagi waktu di langit Korea (lebih 2 jam dari waktu Indonesia) Minggu, tanggal 12 Mei 2013. Seinget gw sih gw cuma tidur 2 jam-an di pesawat. hahha gak bisa tidur cuy, gatau apa karena norak saking keenakan naik GA, atau juga karena terlalu excited mau nginjek kaki di Korea. hahhhaha.

 jam 6 pagi di langit korea (jam 4 pagi waktu indonesia) *foto by wahyu*

GA 878 Landing at incheon airport (May 12th, 2013) *foto by wahyu*

Touchdown Icheon Airport tepat pukul 08:45 pagi waktu Korea (indonesia 2 jam lebih lambat). Yuuhhuuu suhu udara 16 derajat celcius, hmm masih berasa kayak dibandunglah ya. Beda banget waktu take off di jakarta suhunya masih 25-30 derajat celcius x_x hahahha... Gak pake lama, langsung turun dari pesawat & gak pake buang waktu kita narsis-narsisan dulu dideket pesawatnya hahha tetep yaaaa :p
 
 ciyeeehh yg udah di korea ciyeeeee :D (foto by w ahyu)

Incheon Airport May 12th, 2013 (foto by wahyu)

Lanjut jalan ke tempat pengecekan imigrasi bandara, uhuukk bahasanya udah mulai roaming. Setting bahasa dulu nih mulutnya jadi Inggris Korea hahhaa... kyaaaakkk gw di koreaaaaa!!! :D Yak selesai cek imigrasi, langsung naik airport train menuju ke tempat bagasi, tempatnya ambil bagasinya jauh makanya naik kereta dulu hahhaa.. Sambil nungguin bagasi gw langsung cari wifi untuk hubungin temen gw reno, yak dia beda pesawat, dia naik Air Asia. Gak berapa lama ketemu, koper pun sudah ditangan, cuss langsung beli T-Money (kartu untuk naik subway & bus di korea) di Sevel (7-11) belinya. Kalau di indonesia itu kayak kartu Commet-nya Commuter Line yg punya PT. KAI (kereta). Harganya W 2.500 langsung Top-up (isi pulsa) W 10.000 untuk pergi seharian di Seoul & Nami Island.

T-Money

Selesai Top-up, kita langsung jalan menuju pintu B1 naik AREX (kereta cepat) ke Hongdae Guesthouse Hostel untuk check-in. Lokasinya ada di dekat stasiun hongdae, sekitar 7 stasiun dari Incheon airport kalau naik AREX. Lama perjalanan sekitar 47 menit dari incheon.

ki-ka : icha, feby, dimas (muka-muka jet lag setelah hampir 6-7 jam mengudara & tidur cuma 2 jam :D)

Gak pake lama begitu turun dari subway di stasiun Hongik University, langsung jalan ke exit 1 line 2 sambil nyeret-nyeret koper naik tangga belok kanan pas banget di depan hostel itu subwaynya hihihi dekeeett alhamdulillah.. :) Setelah ngobrol-ngobrol sama pemilik hostelnya dia bilang kita baru bisa check in jam 3 sore, tapi alhamdulillah lagi kita dibolehin titip koper karena kita mau langsung jalan ke Nami Island.. woohhoooo!!

Today's Itinerary (12 Mei 2013) :
1. Nami island
2. Petite French
3. Myeongdong
4. Hongdae Guesthouse Hostel

Yak itu rencana trip hari ini (12 mei 2013). Tapi yaaaaaa, coba lanjut baca cerita gw dimari! *kesel* Udah cepet-cepet, buru-buru titip koper di hostel & mau langsung cari kereta ke Nami Island. eeeeeehhh si bapak satu itu yg gak gw kenal aka Sigit (member paling sesepuh yg tidak mengasyikan menurut gw orangnya!) malah minta makan kelaparan katanya. Padahal udah dapet sarapan di Garuda pagi tadi, makanya bawa bekal dooonnkk! *kesel* Dan udah tau kita ini buru-buru, dia malah mau pilih-pilih restaurant buat makan. Sampe akhirnya gw celetukin aja "Yaudah yg mana aja deh makannya cepetan jangan buang2 waktu!" dan akhirnya dia pilih KFC akhirnya makanlah kita semua dengan terpaksa di KFC itu yg mahaaaalll harganya W 6.200 kalau di rupiahin seharga Rp 60.000 yg isinya tuh cuma burger, kentang goreng & coke + pake acara dikejar badut KFC segala! -_- hahaha. Kalau di Indonesia tuh cuma seharga 20-30.000 rupiah, ya kaaaaaannn?? -____-" Padahal ya si icha udah nyiapin jadwal lunch di Nami nanti supaya kita gak telat dapet bus kesananya. huft!

 bon KFC yg menurut gw mahal -___-

Eh tapi ya disana, disekitaran tempat gw nginep & makan itu kan cuaca 16 derajat ya, tuh wece-wece korea tetep setia loh dengan baju tipis (bahan sifon) & rok mini/celana yg super pendek!! errrr... Dan lebih wow lagi mereka tuh bener-bener modis, terlihat sama dengan yg di drama-drama korea itu! Dan kulit mereka beniiiinnngg! Kebanyakan mereka tuh pake wedges/heels yg lumayan tinggi setiap harinya. Gilaaakk gak capek apa yak? Gak sakit? Gak pegel? Makannya apa sih mereka sampe bisa begitu?? *merasa gagal gw sebagai seorang wanita setelah melihat pemandangan itu* booo gw item dekil gitu disana pendek lagi!! hahaha #random

Terus ya just for your information, di Korea Selatan ini, kalo kita makan di  Resto macam KFC, Lotteria dkk gitu kita beresin nampan sama sisa makanan sendiri (nyontek kalimat icha), sampe pas buang sampahnya pun di pisah-pisah. Yg sampah kertas, sampah plastik sampai limbah makanan itu punya kantong plastik sendiri-sendiri. Wooww!! Kapan jakarta bisa disiplin macem gini?? Terus juga di Korsel itu ternyata di resto-resto gitu setiap makanan ada hitungan kalorinya loh, pantesan kan orang Korea kurus-kurus.

semua menu ada hitungan kalorinya ckckck (foto by icha)

Masalah kedua, seperti biasaaaaaa,,, lagi-lagi bimo yg buat. Dia ke toilet (BAB) lamaaaaaaa bangeeeeettt!!!!! (ini ya kalo tulisan ini bersuara, suaranya udah teriak2 kali ini!!). Abis selesai dia keluar, kita langsung buru-buru berangkat naik subway dari Hongik University Station ke Gapyeong stasion (transit di Wangsimni dan Mangu 2,5 jam perjalanan karena pake jalan dan nunggu kereta lama), icha langsung lari ke tourist centre, gak taunya... DANGG!!! Gapyeong City Tour Bus jam terakhir udah jalan 2 menit yang lalu. Bayangkan kawan, bayangkaaannnn!! 2 MENIT!! Coba tadi gak pake makan??!! Arrrrrggghhh!! *kesel abiss!!* Dan menurut info, kita cuma bisa dateng ke salah satu tempat aja (Nami atau Petite) karena waktunya gak keburu.. huft klo macem film kartun, mungkin kepala gw udah keluar asap alias ngebuuuulllll!!! Akhirnya kita sepakat pilih >> Nami Island <<

Gak pake lama, dan karena udah gak ada bus akhirnya kita naik taksi dengan biaya W 5.100 per taksi. Sampe di Nami icha langsung ke loket untuk beli ticket masuk (ya karena icha yg bisa bahasa korea :D) seharga W 8.000 per orang. Tiket dapet, gak pake lama kita langsung masuk ke pintu gerbang Nami island & langsung disapa dengan ramah oleh petugasnya "Indonesia? Apa kabar??" whoaaaahhh senangnya mereka langsung mengenali kita ^^

tiket masuk ke Nami Island

Pamer tiket di depan pintu masuk Nami Island :p

Cuuuss nyebrang naik kapal sebentar banget, mendaratlah kita di Naminara Republic/Nami island. yeaaaayyy!!


welcome to Naminara Republic/Nami Island

 rumah mini di Nami Island
 
 rumput/bunga liar yg ditanam berbentuk hati (Nami Island)

 berasa lagi autumn ya, daunnya merah-merah :D

 Winter Sonata Statue at Nami Island ^^

Ada cerita dibalik patung winter sonata itu loh. hahaha :D *elap keringet* Jadi kalo ke Nami enggak foto bareng patung winter sonata itu rasanya ada yg kurang! Bener gak? Bener kaaaaaannn?? Nah itulah kenapa gw tetep kekeh nyari tuh patung walaupun gw, icha, bimo & reno udah nyasar-nyasar kelilingin hampir seluruh pulau Nami. Gak sampe disitu aja, gw udah coba nanya sama orang-orang korea yg di pulau nami itu dimana letak patung winter sonata itu. Tapiiiii, gak ada yg tahu bahkan sampe di tunjukin foto patungnnya juga mereka gak ada yg tahu. PR banget kaaaann -___-"

Yang jadi masalah lagi, mereka gak bisa bahasa inggris. Jadi susah banget komunikasi cuma pengen nanyain tuh patung dimana. Gw sama reno juga yg hampir putus asa akhirnya sampe pake bahasa isyarat wkwkwkwk kocak abis dah, jatuhnya jadi kayak nari kita berdua. Kita berempat udah nanya orang korea dari berbagai macam usia (kecuali anak2), eh malah ada 1 ajussi yg minta foto sama kita walaupun dia gak kasih jawaban apa-apa. hahaha -_-" Tapi ya kebanyakan, menurut pendapat gw, orang-orang korea pun gak tahu dimana letak patung itu loh!! *ngenes* hahaaha Akhirnya ya dengan tekad yg bulat & keinginan yg kuat + rasa lapar yg melanda *lebay* akhirnya kita ketemuu dengan patung ituuuhh!!! ^o^

Winter Sonata Statue at Nami Island. Ki-ka : icha, bimo, feby ^^

ekspresi kesenengan karena udah nemuin ini patung :D
 
 didepan tugu poster Winter Sonata

 Pohon-pohon besar tempat lokasi syuting winter sonata ^^

 cihuuuuyy gw di nami island!! :D *gilak*

Hahahahaha,,, seruuu kan, tapi abis itu kita (gw & icha) sedih karena gak bisa ke Petite French yg udah di schedule sejak dari indonesia huhuhu :'(. Ini gara-gara siapaaa???!! *nangis kejer* Cuuusss gak pake lama langsung berangkat pulang ke hostel. hmmm iya info nih, suhu di Nami itu lagi panaaaasss.. padahal banyak pepohonan gitu deh haha.

Nami Island itu bentukannya kalo kata icha sih macem kebun raya bogor ya, karena gw blm pernah kesana jadi gatau deh :D Disana banyak pohon besar-besar, banyak spot buat foto-foto, ada juga penyewaan sepeda buat keliling pulau, sewa locker & otopet. Yah bener banget ini mah tempat yg bener-bener diniatin buat tempat wisata.

Cukup ya wisata naminya, kaki udah pegel muter-muter jalan kaki. Langsung cabut gak pake lama naik taksi seharga W 2.500 per taksi menuju Gapyeong station, wuih lebih murah setengah harga dari pas berangkatnya. Sampe di Gapyeong Station langsung Top-up lagi T-Money seharga W 10.000. Distasiun itu kita ketemu dengan petugas yg baik loh. Yg ngebantu bimo & icha nanya beberapa pertanyaan soal kereta, gak begitu lancar berbahasa inggris sih tapi dia usaha banget untuk kasih kita jawaban. Tuh kan, asal kita nanyanya baik, sopan, pasti dibantu & diperlakukan dengan baik juga loh ;)

Yak setelah 2-3 jam perjalanan, sampe jugalah kita di Hongdae Guesthouse Hostel. Hmm yah, karena udah kecapean & hampir semaput rencana ke Myeongdong skip maaann... hahaha. Di hostel yg jaga malem orangnya beda sama tadi pagi sewaktu kita titip koper. Kata icha yg jaga malam ini oppanya unyuu, namanya peter :D

Hongdae Guesthouse Hostel Lt. 3 Paradisetel Building

Kartu nama Hongdae Guesthouse Hostel (tampak depan & belakang)

Sampailah kita di kamar no.1909 lt. 19 Paradisetel building. Kamar untuk kapasitas 8 orang, 2 lantai & nyaman sekali. Dengan biaya W 18.000 per malam per orang. Dan yg paling penting tuh WIFI kenceeeennnggg!! :D Gak pake lama, langsung beresin koper siap-siap mandi. Gw, icha & reno dapet kamar di lantai 2 yg atapnya kurang dari 2 meter. Alhasil kalo berdiripun harus nunduk :D

Lt. 2 kamar 1909 aka kamar cewe-cewe di hongdae. sweet kaaann ^^

ini tempat tidurnya cowo-cowo dibawah, ada 3 bed single & 1 bed double *berantakan ya* :D

Lagi pada sibuk ngantri mandi si bimo & emir (sebenernya sih semua cowo-cowo keluar cari makan, tp yg gak balik cuma bimo & emir) gak pulang-pulang gara-gara nyari money changer. Pas gw tidur udah hampir pules, kira-kira jam 12 pagi waktu korea mereka mereka akhirnya pulang juga dengan membawa toppokki & gimbap. Gw yg karena penasaran dengan rasa toppokki akhirnya memutuskan bangun untuk makan :D Terus bimo besoknya cerita kalau subway yg semalem mereka naikin itu subway terakhir, jadi setelah berenti pas di hongik, subway-nya berenti gak jalan lagi... hadeh, lagi kan lagiii icon trouble maker banget ya mereka berdua.. -___-"

Okeh, sekarang report biaya hari ini :
1. T-Money W 2.500
2. Top-up (2x) W 20.000
3. KFC W 6.200
4. Taksi PP (1 taksi dibagi 4 orang)  W 1.900
5. Nami Island W 8.000
6. Guesthouse (include biaya pesan) W 20.133

Jadi total jajan gw hari ini (Day 1) W 58.733

5 komentar:

  1. serukkkk dan kebayang keselnya kamu hihihihi

    BalasHapus
  2. Banget, banget, bangeeeeetttt!! *ngebul* :D

    BalasHapus
  3. mbak, seru banget jalan2 ke korea-nya :)
    btw mau tanya dong, kalau dari incheon ke seoul naik subway bawa koper besar repot gak ya? karena saya pergi sendirian takut repot angkat2 kopernya .. hehehe ..

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum. Salam kenal mba byan. Repotnya jalan2 bareng grup ya gitu ya mba harus tunggu-tungguan, melatih kesabaran yang pasti :D. Waah gak sempet ke petit france ya *kayak pernah aja. Hehe. Semoga lain kali bisa ke sana lagi ya mba.

    BalasHapus