Kamis, 06 Juni 2013

And The Story Goes, KOREA..!! Day 3 (Busan to Jeju)

Hoaaaaaammm... jam 5 pagi, bus sampe di terminal Busan - South Korea. Brrrrrrr udara dingin mencekaaammm!! *gemetaran* Gw sama icha turun dari bus cepet-cepet ke toilet untuk ganti baju (tanpa mandi), sementara cowo-cowo juga melakukan hal yg sama menurut pemikiran gw. Tapi ternyata mereka cuma duduk-duduk aja gak ganti baju -__-" hahaha

Dapet kira-kira setengah jam ganti baju, cuci muka, gosok gigi & make up. Gw sama icha keluar dari toilet nyamperin cowo-cowo yg udah nunggu daritadi. Gak lama setelah itu kita langsung jalan menuju pintu keluar, tapi belum sempat ke pintu keluar stasiun kita semua cari tempat makan dulu untuk sarapan pagi karena kelaparan :D. Setelah pilih-pilih restaurant, mentoknya sih kita pilih Lotteria hihihi Gw langsung pesen menu makanan yg isinya burger daging sapi, kentang goreng & cola. Dan semua itu seharga W 4.900 *mahal* eh tapi kentangnya bisa refill, itu setelah icha baca huruf hangul di poster yg nempel di dinding..hahaha berguna juga icha :p Tapi ya tetep aja mahal huft :p

Lotteria lotteria dadadididadaduuu *lemes*

Selesai sarapan akhirnya kita secara spontan langsung bikin itinerary untuk perjalanan hari ini. Tapi pas mau jalan, tiba-tiba & gak heran sih 1 member hilang. Yak siapa lagi kalo bukan "Bimo" (-_-). Iseng-iseng gw buka twitter dia lagi online di WC! Gosh!! Ada lagi nih, pas bimo dateng si emir gantian ke toilet! Hadeh! no comment-lah gw "2 idiots" hahaha.. Jadi kita kapan jalanyaaaaaaa??? -____-"

Okeh, Inilah Itinerary K' Team hari ini (14 Mei 2013) :
1. Haeundae Beach
2. Yonggungsa Temple
3. Gwangan Beach
4. Gwangan Bridge
5. Busan Islamic Centre (Al-Fatih Mosque)
6. Gimhae International Airport (Flight to Jeju Island)
7. Jeju Island

Mari kita buka peta :

Busan subway map

Posisi awal kita ada di stasiun Nopo. Destinasi pertama kita adalah Haeundae Beach. Ya alasannya karena posisi Haeundae Beach itu yg paling jauh, jadi biar rute selanjutnya gak bolak-balik. Untungnya di Busan T-Moneynya bisa dipake buat naik subway, jadinya gak perlu nge-bus sambil nunjukin ongkos deh :D Siiipp, berangkat dari stasiun Nopo cuuuss transit di stasiun Seomyeon ke line 2 yg selanjutnya turun di Haeundae station. Jalan kaki sekitar 15 menitan ke arah Haeundae Beach.

Pas sampai di Haeudae Beach, pemandangan yg luar biasa tersaji. Pantai dengan pasir putih, ditengah kota, bersih, dengan puluan sampai ratusan burung camar bertebaran disana & sepi (cuma beberapa orang aja yg terlihat berkeliaran di pantai itu).

berancuuuutt menuju haeudae beach *foto by wahyu*

Haeundae Beach, dengan burung camar yg bertebaran dimana-mana ^^ (foto by icha, edit by me)

terbaaaaaaannnggg :D

ki-ka : dimas, wahyu, feby & bimo at haeundae beach

sepi, bersih, panaaaaaasss :p

me at haeundae beach :)

Gw sama icha sampe gemes lari-larian ngejar burung-burung itu :p Oh iya disini tuh tempat syuting Goguma Couple alias Yongseo, inget kan waktu adegan mereka dikejar-kejar puluhan burung camar gara2 ngasih makan hahahah *kocak abis* :D

Selesai foto-foto, lari-lari, panas-panasan kita langsung ke tempat ke dua yaitu Yonggungsa Temple. Sebenernya sih gw gak ada gambaran tentang tempat ini, bener-bener gak tahu sama sekali gimana bentuknya kuil ini. Tapi menurut bimo sih bagus, so why not. Dari pantai haeundae kita jalan kaki ke arah stasiun Haeundae, tapi bukan untuk naik subway, melainkan ke halte untuk naik bus no. 181 menuju Yonggungsa Temple. Biaya busnya W 1.200 per orang. Perjalanan lumayan jauh, dan yaaaa gak di kota gak di desa, gak di seoul, gak di sokcho, gak di busan, ajussi-nya kalau nyetir bus masyaallah kueenncceeeeennngg! Kadang tangan sampe pada sakit gara-gara harus pegangan kuat-kuat -___-

Dan seperti biasa, kebaikan itu emang selalu dibalas dengan kebaikan :p Kebiasaan kita alhamdulillah kalau ngeliat ada nenek-nenek atau kakek-kakek yg berdiri, kita selalu mempersilahkan mereka duduk. Nah mereka ngebales kebaikan kita loh. Jadi ceritanya, ya namanya juga kita ngebolang di negeri orang & cuma bermodalkan peta. Pas udah di tengah perjalanan kan pastinya bingung mau turun dimana? halte apa berapa lama lagi sampainya? (yaiyalah gak ketulis juga di peta :D). Lagi ribut-ribut gitu ada aja salah seorang nenek-nenek yg merhatiin & mereka ternyata ngasih tau jalan ke kita... whoaaaahh!! Mereka ngerti karena kita nyebut-nyebut yonggung kayaknya :p Nah mereka ngarahin, mungkin ya ini mereka bilangnya "nanti kalau udah turun jalan sedikit nanjak" abisnya mereka nunjuk-nunjuk ke atas gunung gitu (viewnya gunung/bukit). Ah nenek, saya terharu loh. Terimakasih banyak ya :*

Terus setelah turun dari bus, kita baca papan jalan yg tulisannya Yonggungsa yg emang ke arah bukit, dan iya emang nanjak gitu jalannya *ngos ngooss* engaaaapp jenderal! Akhirnya kita mutusin untuk istirahat sebentar sebelum nerusin jalan sambil minum & futu-futuuu :p

capeeeekk jenderal!!

Sebelum melanjutkan perjalanan, kita mau memastikan apa jalannya masih jauh atau sudah dekat. Karena kalau masih jauh, sebagian besar dari kita  mau putar balik kearah pulang. Terus bimo langsung cari tahu jalan kedepan, pas balik dia bilang kalau didepan itu udah pintu masuk kuilnya. Dan iya ternyata tempatnya emang udah dekat banget dari tempat istirahat kita, jadinya kita lanjut jalan *semangaaaaaattt*

Sampailah kita di depan jalanan masuk ke kuilnya. Disana banyak patung-patung. Ada patung shio lengkap, patung budha (pastinya), patung dewi kwan im & masih banyak patung-patung lainnya. Cuuuss narsisan dulu :D
ini gatau patung apa namanya, posisinya ada di depan jalan masuk ke kuil

patung-patung shio *foto by bimo*

ini gatau foto apaan, semacam cewe & cowo gitu

patung Dewi Kwan Im

Dan masuklah kita ke kuil. Jalan masuknya itu ternyata turun tangga. Gak berapa lama terlihat kuilnya ternyata di pinggir tebing laut. Kuil ini terlihat sama dengan Pura di Tanah Lot - Bali, Indonesia. Ternyata hari ini lagi perayaan waisak kalau gak salah, & katanya hari ini di tanggalan korea itu lagi tanggal merah alias libur. Banyak lampion terpasang disana, warna-warni tertata rapih. Pemandangan disana ya cuma, kuil, patung-patung, lampion & tentunya beberapa orang yg melakukan ibadah.

Kuil utama dengan barisan lampion yang berwarna-warni

me at Yonggungsa Temple

at Yonggungsa Temple *foto by wahyu

icha, dimas & feby

Setelah dirasa cukup foto-foto, kita langsung cabut pergi ketempat selanjutnya yaitu Gwangan Beach & Gwangan Bridge. Karena udah merasa sedikit semaput jalan kaki untuk turun kebawah cari bus, akhirnya kita putusin untuk naik taksi ke arah stasiun jangsan (maunya haeundae tapi ketemunya jangsan) untuk naik subway seharga W 6.400 per taksi. Next lanjut naik subway turun di stasiun Gwangan, jalan kaki 10 menitan, sampailah di Gwangan beach & bridge. Tapi waktu itu kita gak langsung ke pantainya, karena kelaparan gw & teman-teman mutusin beli makanan dulu di mini market GS25 yg letaknya di pinggir pantai Gwangan itu.

makanan penunda makan siang :p

ini beli 1 paket, isinya 2 harganya W 1.400 bagi 2 deh sama emir, jadi per orang @W 700 :D

Perut sedikit lebih berisi, lanjut tanpa buang waktu langsung meluncur ke pantai. Lari-larian, main-main di pantai yg katanya lebih bagus kalau dilihatnya malam. Tapi sayang banget kita gak bisa sampai malam di Busan, karena harus flight ke Jeju Island malam itu juga.

Gwangan Bridge

me at Gwangan Beach & Bridge

happy banget ini mukanya disini :p

professional model & professional photographer ^^

Bridge, Beach, Bird & By ^_^

at Gwangan beach dengan view gedung-gedung pencakar langit

Gwangan Bridge at night *source by google*

foto bareng sama bule Korea *item lain sendiri* -__-

bonus foto 'Menghajar 2 idiots' :D *foto by wahyu*

Selesai dari sini kita mau cari makan gitu, tapi di daerah mana gitu deh. Seinget gw sih mau pada makan sea food gitu, tapi cancel karena ada yg gak bisa makan sea food katanya. Cerita disini gw rada-rada lupa deh hehehe. Yang pastinya kita langsung meluncur ke stasiun Dusil untuk mandi, bersih-bersih, ganti baju, sholat & makan siang. Dan lagi gw gak punya bayangan tentang tempat ini, tapi disini itu ada masjid yg ternyata gw pernah lihat liputan tentang masjid busan ini di TV. Nama masjid ini Masjid Al-Fatih. Bangunan masjid ini gabung sama gedung apa gitu gak ngerti juga, tapi ada namanya yaitu Busan Islamic Centre. Dan menurut info, masjid ini merupakan satu-satunya yg ada di Busan.

Disamping gedung ini ada restaurant turki namanya Cappadocia, nah disanalah tempat kita makan siang (yg terlambat) akhirnya. Gw liat disana ada orang indonesianya. Salah satu dari kita ada yg sempet ngobrol-ngobrol sih sama bapak indonesia itu, tapi gw lupa siapa. Gw juga gak nanya bapak itu siapa. Tapi seinget gw dia bilang, kalau mau mandi & sholat bisa. Di masjid itu ada kamar mandinya. Untuk yg pria sholat di lantai 2, untuk yg cewe sholatnya di lantai 3. Dan karena gak mau buang-buang waktu, sebagian dari kita ada yg mandi duluan, sebagian lagi langsung makan siang.

Gw & icha (gw cuma perhatiin yg cewe aja, maklum udah kelaparan :D) langsung pesen makan siang. Harga menu makan siang itu W 9.500 dengan menu yg lengkap (liat gambar :p). Karena gw ngerasa takut makanan yg disajiin nanti porsinya besar (pengalaman bulgogi di sokcho), akhirnya gw & icha mutusin untuk pesen 1 porsi aja berdua, jadi masing-masing kita patungan W 4.750 sajah :p Menu-nya sih lengkap (roti, soup, salad, nasi yg bisa nambah free, teh, air putih & daging), tapi ternyata gak sebanyak porsi bulgogi yg di restaurant di sokcho kemarin (jadi nyesel) hahahaha tapi ya alhamdulillah cukuplah untuk sampai makan malam nanti :)

Di restaurant ini kokinya semua orang turki asli, pelayannya orang korea, nah ada bapak indonesia itu tuh, tapi gak tahu dia siapanya siapa disitu :D. Lanjooott kita langsung menuju masjid untuk bersih-bersih & sholat. Karena takut kelamaan (takut ketinggalan pesawat) gw sama icha yg pastinya mandinya lama & gak mungkin juga mandi karena kamar mandinya jadi satu sama cowo-cowo, mutusin mandinya pas sampe di jeju aja nanti malam. Sementara yg cowo-cowo langsung mandi semua. Selesai bersih-bersih, karena masih ada waktu dzuhur gw & icha menuju lantai 3 untuk sholat. Kira-kira abis 5 menitan sholat selesai sholat dzuhur, adzan ashar pun berkumandang. Langsung deh gak pake lama cuuuss sholat ashar.

mimbar di dalam masjid Al-Fatih

lukisan di langit-langit di dalam Masjid Al-Fatih

kitab-kitab yg tersusun rapih di rak & tampak bersih di dalam Masjid Al-Fatih

Selesai dari kegiatan bersih-bersih & sholat, kita semua pamit ke pengurus Masjid & langsung bergegas naik subway dari stasiun Dusil menuju ke Gimhae International Airport untuk selanjutnya flight to Jeju Island. Perjalanannya cukup lama, karena harus ngelewatin 23 stasiun & transfer line sebanyak 2 kali yaitu di stasiun Seomyeon & Sasang.

Sampai di Gimhae gak pake lama-lama kita semua langsung check-in & naro bagasi sambil nyerahin print ticket yg udah booking sejak dari indonesia serta ngelampirin passport. Gak berapa lama ticket masuk pesawat pun sudah ditangan, dan kita pun mulai berpencar untuk cari makan. Tapi kira-kira setengah - 1 jam kemudian kita kumpul lagi untuk boarding. Nah pas mau boarding, boarding pass reno salah nama! Huft, salah kita juga sih tadi pas terima ticket gak nge-cek lagi. Alhasil, Reno disuruh membenarkan dokumen ke counter jeju air. Untungnya itu counternya 1 lantai, coba kalau mesti turun beberapa lantai, bisa telat ampun-ampunan kita. Ditinggal pessawat mungkin -___-

Pas last minute, reno akhirnya muncul juga. Pas check-in lagi ternyata nama yg di bagasi juga salah! hadeh gregetan rasanya *panik* Tapi alhamdulillah sama petugasnya di bolehin masuk. Whoaaahh terimakasih unnie... Abis itu kita langsung lari-larian ke gate 17 untuk masuk pesawat. huwaaahh *ngos ngooossh* :D

lagi antri di loket jeju air

ticket PP Jeju air

lari-lari takut ketinggalan pesawat :p

Jeju air *foto by wahyu*

Didalam pesawat kita langsung dikasih segelas orange juice, hmm nyummyy *slurp* gak berapa lama gw merem pules, ternyata udah mau siap-siap landing -__- Yak cuma sejam doank mengudara hahaha kentang banget gw tidurnya. Turun dari pesawat udara Jeju Island udah terhirup, hmmm hellooo jejuuuu :D Yah udara malam di jeju 11 12-lah sama di jakarta, gak dingin, gak panas, ya begitulah *apaseeh*

Dan seperti biasa, Eksistensi itu perlu!!! :D

Jeju International Airport *foto by wahyu*

Welcome to Jeju Island ^^

Setelah ambil perlengkapan perang alias bagasi, kita langsung antri naik taksi. Tadinya ditawarin naik taksi gede semacam alphard gitu tapi mintanya mahal banget, gak jadi deh. Akhirnya seperti biasa kita naik 2 taksi sedan biasa. Sambil nunjukin alamat penginapan kita HK Jeju Hostel 1, kirain si ajussi tau eh taunya enggak. Trus nyasar, gak bisa bahasa inggris, bahkan gak bisa baca tulisan inggris pula, jadinya susah komunikasi lagi deh -___- Tapi ajussi taksi yg satunya lagi punya inisiatif untuk nelpon penginapan kita, alhamdulillah gak jauh dari situ sampailah kita :D

Ini CS hostelnya rame abis! Siapa deh namanya, shu cong ata shu joong gitu ya. Pas dia tahu kita dari indonesia dia langsung teriak "Hoo Indonesia, i like your cigarette Gudang Garam!" hahahah semua langsung ketawa, trus siapa gitu nyeletuk "coba kita bawain tuh rokok, kali aja bisa nginep gratis" hahaaha Sambil check-in bimo langsung pesen mobil/taksi buat keliling Jeju seharian besok. Iya karena di jeju susah transportasi, mau gak mau kita harus sewa taksi untuk keliling. Dan lagi kita juga buta tentang pulau Jeju.

Selesai check-in gw sama icha langsung meluncur ke kamar cewe, ya bener kali ini kamar kita pisah dari cowo-cowo karena maksimal orang didalam 1 kamar besar itu cuma 6. Sampai kamar gw liat udah ada 1 tas diatas tempat tidur, trus gw lirik icha sambil bilang "wah kita sudah punya temen sekamar cha, kira-kira dia turis mana ya?" Gak berapa lama dia dateng, trus kita langsung kenalan. Ternyata dia orang Korea Selatan namanya Hyeon Jeong, seumuran icha (kira-kira 24/25th), dia masih kuliah, asalnya dari Daejeon dan Januari 2013 lalu dia sempet ke Jakarta selama seminggu. Trus dia bilang waktu dijakarta dia gak kemana-kemana, "because Jakarta is many-many rain" eh gw langsung bengong waktu dia bilang gitu, liat-liatan sama icha gak ngerti. Tapi dia langsung nunjukin foto yg ada di HPnya, tahu dia nunjukin foto apa? Dia nunjukin foto banjir di jakarta januari 2013 lalu. Hoalaaahh, so many-many rain is Banjir cooonngg!! hahhaha malu sayah! -___- Dan dia bilang lagi, waktu di jakarta dia punya teman yg sama kayak gw & icha sambil nunjuk kekepalanya dia, trus gw langsung mengerti kalau yg dia maksud adalah teman yg berhijab :D

Abis ngobrol-ngobrol sebentar dikamar kita langsung ajak dia keluar untuk makan malam, maksudnya supaya dia bisa referensiin tempat makan yg murah & enak di Jeju itu. Eh tapi ternyata dia juga gak tahu tempat makanan apa aja di Jeju itu. Loh, jadi dia gak makan gitu selama di jeju?? #random :p Dan kebanyakan tempat makan di sekitar hostel itu udah pada tutup, padahal itu baru jam 9 malem loh. Pas lagi mau cari makan gitu rombongan cowo-cowo (kecuali dimas & reno) pada bingung mau makan apa. Akhirnya mereka pisah cari makan sendiri, sementara gw, icha & hyeon pilih untuk pesen semacam ayam goreng nama koreanya kyochon ya kalau gak salah. Niatnya sih kita mau bayarin si hyeon kyochon, eh malah kita yg di traktir pake kartu pelajarnya dia -___-" hahahha.

Akhirnya kita kumpul-kumpul makan bareng di kitchen hostel, bareng-bareng sama CS hostel itu & bulenya yg namanya Jason asal dari Amerika. Dan setelah di karjaw, bimo mempermalukan dirinya lagi dengan nge-dance "Gee & Genie"-nya Girls Generation. Spontan hyeon jeong, shu cong, jason & penghuni di kitchen itu ketawa ngakak nonton bimo berlenggak lenggok ala girls generation itu.hahhaha *tunggu videonya* :p wakakakak, rusuh abislah kita buat malam itu *koplak* :D

kumpul bareng sama hyeon jeong & jason (dibelakang), shu cong yg motoin :D

Udah capek ketawa-ketawa, kita langsung masuk kamar untuk mandi & istirahat. Gak pake lama gw langsung buru-buru masuk kamar mandi.. booo udah 2 hari gak mandi :p Oh iya, 1 hal yg gw gak suka dari toilet-toilet di Korea selatan ini, kebanyakan toilet kering. Sebersih-bersihnya toilet di Korsel sana kalo gak ada air buat bilasnya rasanya tetap aja jorok ya. Tips kalau yg mau ke luar negeri atau kemana pun jalan-jalan, mending banyak-banyak bawa tissue basah buat bilas kalau abis buang hajat.

Siipp selesai mandi gw langsung tidur biar besok seger ini mata buat keliling jalan-jalan besok! Terimakasih ya Allah atas malam yg ramai & indah ini. Di Jeju pulaakk...hehhehe alhamdulillaaahh... Selamat tidur Jeju :)

Dan berikut pengeluaran gw hari ini :
Lotteria (sarapan) : W 6.000
Bus ke Yonggungsa Temple : W 1.200
Taksi ke Jangsan Station : W 1.600 (Per orang)
Jajan di GS 25 : air mineral W 750 + nasi nori W 700
Lunch di Cappadocia : W 4.750
Hostel untuk 2 Malam : W 34.200 (include biaya booking)