Minggu, 11 November 2012

Puisi-puisi Kahlil Gibran


Sesuai judulnya, gw lagi kepengen nulis tentang puisi-puisinya Kahlil Gibran.
Soalnya kemarin gw abis beli bukunya, judul bukunya menarik "Pasir & Buih" makanya langsung gw beli. Seperti ini kira-kira penggalan puisinya :

  
Masih ada yang lainnya di buku, berikut ini beberapa penggalan puisinya yang gw suka :

Orang yang benar-benar besar adalah dia
yang menguasai siapa pun, dan yang
tidak akan dikuasai oleh siapa pun,

Saya tidak akan percaya bahwa seorang
manusia biasa-biasa saja akan menjadi
pahlawan besar hanya karena dia membunuh
para penjahat dan para nabi.

Kebijaksanaan tidak lagi menjadi hikmat
ketika menjadi terlalu angkuh untuk
menangis, terlalu serius untuk tertawa, dan
terlalu diri berguna untuk mencari selain
dirinya sendiri.

Lainnnya lagi :

Rumahku berkata padaku :
"Jangan tinggalkan aku, karena disini
telah tertinggal masa lalumu..."

Dan jalan berkata padaku :
"Datang dan ikuti aku, karena aku masa
depanmu"

Aku dilanda kebingungan dan berfikir
sejenak. Rumahku menahanku..., tetapi jalan
mengajakku...
Dan akhirnya aku berkata kepada
keduanya..., rumah dan jalan :

"Aku tidak punya masa lalu dan juga masa
depan. Jika aku tinggal di sini, akan ada
yang aku tinggalkan. Dan jika aku pergi ke 
sana, akan ada juga yang aku tinggalkan.
Hanya cinta, dan kematian yang akan
mengubah segala sesuatu."

Lagi :

Anda buta dan aku tuli dan
mereka bisu..., jadi mari kita
saling menyentuh tangan agar
dapat saling mengerti...

Beberapa dari kita seperti tinta dan
sebagian dari kita seperti kertas.
Dan juka bukan hitamnya sebagian
kita, sebagian kita akan membisu...
Dan jika bukan karena putihnya sebagian
kita, sebagian kita akan membuta

Beri aku telinga dan saya akan memberikan suara.

ini yg judulnya "kenyataan hidup" :


Jika anda ingin mengerti
dia..., cobalah untuk tidak
mendengarkan apa yang dia
katakan.

Tetapi cobalah lebih untuk apa
yang dia tidak katakan.

Penggalan puisin ini ada di bab "Menulis Pohon Puisi" :

Anda tidak bisa tertawa dan menjadi
jahat pada waktu yang sama. Pasti di jeda
waktu itu anda akan memikirkan sesuatu. 

Yah kira-kira begitulah penggalan-penggalan puisi-puisi yg ada di buku Pasir & Buih Kahlil Gibran. Kalau mau lebih banyak lagi, beli aja bukunya bacaaa hahahhaa :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar