Senin, 12 Agustus 2013

And The Story Goes, KOREA..!! Day 8 (Seoul to Jakarta)

Good morning seoul, hiks hiks sedih karena ini adalah hari dimana gw harus cabut balik ke Indonesia. :((( Yak bangun sepagi-paginya gw, langsung mandi & siap-siap menuju bandara. Estimasi berangkat dari hostel jam setengah 7 pagi, selambat-lambatnya jam 7. Gak boleh lebih karena GA 879 flight pagi jam 10:35 waktu seoul & closing check in terakhir jam 09:35. Belum lagi lama perjalanan ke incheon 1-2 jam kurang, makanyaaa kalo sampe ketinggalan flight matilah gw gak bisa balik ke indonesia (uangnya abisss) -_-.

Setelah semua siap, kami pun pamitan check out ke pemilik hostel sambil minta uang jaminan dikembalikan sebesar W 10.000 (uangnya emir). Emir & wahyu yg ngadepin si bule, sementara yg lain masih bersiap sambil memastikan kalau gak ada lagi barang-barang yg tertinggal di hostel. Pas balik mereka cerita kalau mereka di semprot si bule gara-gara ngebangunin dia pagi-pagi buta. Dia bilang belum saatnya kerja karena office hournya jam setengah 9 pagi waktu korea hahaha sabaar yaaa :p

Lanjut menuju terminal dengan tentengan 2 tas ransel + 1 kantong plastik souvenir. Beda banget sama icha yg susah payah geret-geret 1 koper yg berat banget itu. Sementara yg lain jalan cepet buru-buru menuju stasiun hongik untuk naik AREX, icha masih ketinggalan jauh di belakang. Pas sampai di hongik station, yg jadi PR adalah jalannya harus turun tangga. Gw sih fine banget, tas masih bisa gw tenteng walau berat. Tapi icha, sampe keringetan angkat-angkat koper turun tangga. Sementara gw mau turun duluan buat taruh tas dibawah tangga (maksudnya gw taruh tas dulu baru balik lagi ke atas buat bantu icha), eh ternyata gw keduluan sama 2 cowo korea bertato (yg udah gw liat sebelumnya diatas tangga) untuk nolong angkatin koper icha. hahaha pemandangan yg luar biasaaaa,,, sweet banget loh, icha sampai berkali-kali bilang terimakasih sambil terharu, dan mereka dengan ramahnya juga membalas terimakasihnya icha hihihi...

Gak berlama-lama gw berdua langsung jalan cepet-cepet menuju stasiun AREX itu, terlihat didepan rame-rame si cowo-cowo pun lagi nunggu kita. Sebelum masuk gerbang stasiun, gw top up T-Money dulu sebesar W 5.000 untuk naik AREX menuju incheon airport. Pas ngelewatin pintu masuk stasiun, beberapa kali teman-teman terjebak gak bisa ngelewatin pintu masuk stasiun hahaha.. Itu karena mereka ngebiarin tas mereka yg berat lewat duluan ketimbang badan mereka. Padahal sensor pintunya cuma mendeteksi sekali kegiatan yg melewati pintu itu. Nah setelah tas mereka lewat, pintu masuk langsung otomatis ketutup. Alhasil badan mereka ketahan gak bisa lewat, sampai-sampai petugas nyuruh mereka lewat pintu khusus hahaha.. Gak canggih ah hahahha..

Pas naik AREX gw ngerasa kayaknya, gw abis kebangun dari mimpi jalan-jalan di seoul.. aaaakk gak rela banguuuunnn!! hiks.. Dan yg lebih menyakitkan gw harus kembali kerja besok harinya. Perjalanan ke Korea ini bener-bener priceless! gak akan gw lupain. Ini perjalanan gw terjauh selama gw hidup, pertama kali bikin visa & semua yg di korea itu menyenangkan!! :') Gak terasa sampai juga kita di incheon airport, buru-buru langsung ke counter check in. Antrian lumayan panjang, tapi sipetugas langsung kasih kami jalur khusus rombongan, alhamdulillaaahh.. Oh iya, sebelum masuk ke tempat check in gw sempet mampir dulu ke GS25 untuk beli soju. Eitss ini bukan buat gw, tapi pesenan temen gw budi (temen kantor). Harga soju 1 botolnya W 1.000, cukup murah tapi bisa memabukkan hahaha

Di counter check in koper icha ke detect 35kg woowwww!! Dan dia harus meminjam space bagage temen-temen lainnya yg masih lowong hahahhaaa... Sementara gw cuma 17kg hahaha sadar cha sadaaarrr :D Selesai check in gw langsung menuju gate garuda. Sekali lagi gw gak mau ketinggalan pesawat, gw juga takut gate-nya sama kayak di jeju yg jauuuuhh sampe muter-muter nyarinya. Tapi si bimo masih mau ngajakin belanja lagi -_- sorry bim kali ini gw harus mengabaikan lo haha. Gw langsung menuju gate 111 (kalau gak salah), incheon itu luas saudara-saudara tapi tenang, petunjuk menuju gate yg dimaksud banyak tersedia disana. Walaupun mesti muter-muter naik turun eskalator, kita akan sampai ke gate yg dituju :)

Garuda Airways di Gate 111

Dideket gate 114, gw liat ada toko souvenir. Niatnya sih gw mau beli buat tambahan, tapi harganyaaaaa 10x lipat kali -___- langsung deh gw keluar dari toko itu. Dan akhirnya karena gw lapar belum sarapan, gw ngajak icha cari makan dulu dideket-deket gate kita. Dan ketemulah Paris Baquette. Sebenernya sih ada resto yg lain, tapi gw lebih tertarik kesini. Karena gw pikir harganya masih lebih manusiawi dibanding resto lain (kayaknya), & siapa tahu aja kan abis makan disana suatu hari nanti gw bisa beneran sarapan di Paris Perancis.. aamiiinnn :D

Jam 10an (kira-kira) selesai sarapan gw langsung ke boarding gate no 111. Disana gw ketemu lagi sama dewi & mamanya (yg sebelumnya ketemuan di myeongdong), ternyata kita 1 pesawat hihihi.. Tapi anak-anak yg lain masih mencar keliling menghabiskan sisa Won mereka, ada yg ke starbucks ada juga yg keliling foto-foto di incheon. Sambil nunggu mereka kumpul, gw ngobrol sama si ibu & dewi. Mereka ketawa ngakak waktu gw cerita tentang kelakuan teman-teman selama keliling seoul. Sampe-sampe si dimas disuruh mampir ke rumahnya yg dibandung, katanya mau disiapin makanan yg banyak buat dimas hehe.. Dan gak buang kesempatan, gw & temen-temen pun langsung bertukar contact facebook & whats app sama dewi. Ya siapa tahu kan dilain hari kita bisa nge-trip bareng :)


Starbucksnya dimas, emir & wahyu

nih orang-orangnya :D

Setelah pintu boarding dibuka & semua kumpul, kita pun bergegas masuk pesawat. Sebelum masuk pintu pesawat gw iseng ambil koran-koran korea (tulisannya korea) buat gw bawa oleh-oleh ke jakarta hahaha (niat jahil) & teman-teman pun melakukan hal yg sama.. Satu pemikiran ternyata kita "mau ngerjain orang" hahaha *penjahat* x)))

Didalam pesawat gw duduk berjejer sama icha, bimo & om sigit. Wahyu & dimas duduk berdua di deket jendela, emir?? Kemana emirr??? hahaha gw juga gak tahu dia duduk dimana, tapi yg jelas dia duduk sendiri :p Waktu take off, cuaca di langit korea 7 derajat,, brrrr dingiiiiiinnn gw langsung selimutan & mempertebal jaket.... Trus seperti biasa dikasih sarapan di GA (wew makan lagi hihi) & selesai sarapan gw langsung tidur aja. Perjalanan menuju jakarta lancar, yg gak lancar adalah tidur gw! Gw akui, pelayanan GA sangat memuaskan.. Begitu banyak makanan, cemilan & minuman yg di kasih sepanjang perjalanan. Bukan cuma itu, semua makanan & minuman yg dikasih enak-enak. Sampai-sampai gw ngerasa rugi banget kalau melewatkannya, nah karena itulah gw jadi gak bisa tidur. Kalau sudah hampir pulas, makanan dateng & mau gak mau gw melek lagi, melek lagi hahaha *gak mau rugi banget :p

 GA 879 sedang melakukan persiapan *foto by bimo*

 Go to gate GA 879 *foto by bimo*

 suasana di dalam GA 879 sebelum take off *foto by wahyu*

 icha, bimo & feby duduk berjejer ^^

 GA 879 ready to take off *foto by wahyu*

 GA 879 Take Off!! woohooo!! *foto by wahyu*

track report GA 879

GA 879 is "Flying High"

GA 879 ready for landing at Soetta international Airport, Indonesia *foto by wahyu*

Jam setengah 4 sore (kira-kira), kami pun landing di Soetta Airport Indonesia. Cuaca 30 derajat, totalll buka jaket semuanya!! :D Touchdown Jakarta! Hello Indonesia, i'm back!! Thank you Garuda Airways, thanks Garuda Indonesia, we are totally safe alhamdulillaaahh :)

Setelah keluar pesawat, gw naik eskalator menuju pintu keluar. Tapi gw inget ada yg ketinggalan, payung gw manaaaa??? Akhirnya gw balik lagi masuk pesawat untuk ambil payung gw, tapi pas gw sampe ketempat duduk gw payungnya udah gak ada :( Gw cari-cari lagi siapa tahu nyelip, selagi gw nyari-nyari ada pramugara yg tegur "cari apa?" Spontan gw jawab, kalau gw lagi cari payung. Dan dia langsung kasih payung yg dimaksud ke gw, whoah ternyata sudah diselamatkan. alhamdulillaaahh.. terimakasih pak. Dan segera gw langsung keluar lagi dari pesawat sambil diiringi ucapan terimakasih dari pramugara & pramugari Garuda. "Terimakasih atas penerbangannya bersama kami", gw pun berlalu sambil tersenyum :)

Yak dibawah icha udah nunggu gw, gw pun langsung jalan naik eskalator lagi. Dan kebiasaan di korea masih belum berubah di gw. Gw masih pakai sisi eskalator sebelah kanan untuk berhenti jalan selagi naik eskalator hahaha... maaf rasanya masih kurang rela meninggalkan Korea :p Selanjutnya gw menuju cek imigrasi, whoah yg antri banyaaakk.. Tapi ya lagi-lagi pelayanan Garuda Indonesia, dia punya jalur khusus untuk penumpangnya langsung menuju ke counter pengambilan bagasi. Yak gak pake ngantri untuk cek imigrasi lagi di bandara, karena penumpang garuda sudah melakukan cek imigrasi diatas pesawat. hihihi cinta banget gw sama Garuda Indonesia!!

petugas imigrasi sedang melakukan pengecekan imigrasi di udara ^^ *foto by wahyu*


Sampai di counter pengambilan bagasi, lagi-lagi ramaaaii. Yang antri ambil bagasi banyak banget + koper-koper kami keluarnya lama banget huft! Nah disini yg udah dapet koper duluan si wahyu & dia langsung bergegas pulang. Sisanya masih saling tunggu-tungguan untuk pulang bareng dari bandara. Yg keluar belakangan gw, icha & emir. Gak berapa lama gw dapet bbm dari ajeng kalau dia sudah didepan pintu keluar untuk kasih surprise birthday ke emir.. hihiiiyy romantisnyaaa.. Gw sama icha cekikikan aja berdua. Pas banget keluar dari pintu keluar, tetibaan sudah berdendang lagu happy birthday emir hahhaha Gw, icha, bimo, dimas & om sigit langsung ketawa ngakak ngeliat kejadian itu.. hahhhaa.. Congrats ya miiirr :D

surprise birthday buat emir dari ajeng di Soetta airport

Selesai tiup lilin, dimas & om sigit pamit untuk pulang duluan. Menyusul gw, icha & bimo pamit untuk pulang ninggalin ajeng & emir ngabisin kuenya berdua di bandara hahhaa.. Dan akhirnya gw pun pamit ke icha & bimo untuk menuju bus damri jurusan bekasi. Niatnya gw mau turun di tol jatibening, eh tapi gw keterusan akhirnya gw malah turun di kayuringin -___- disana gak dapet taksi dah, akhirnya jalan kaki geret-geret koper diiringi hujan deraaaasss ke deket mall cyber park bekasi cari taksi gak ketemu-ketemu. Gw telponlah bokap untuk jemput, tapi melihat bawaan gw yg banyak bokap inisiatif cariin taksi buat gw. Ujung-ujungnya gw pulang naik taksi juga. Dan gw baru mendarat dirumah jam 11 malem!! Hadeh!! -___-

Dan selesailah cerita perjalanan gw selama di korea, antara mimpi dan kenyataan. Rasanya separuh jiwa & nyawa masih tertinggal di Korea, terutama jeju. huhuhu insyaallah, suatu hari nanti kalau ada jodoh & rezeki lebih, gw pengen banget balik lagi kesana!! bismillah aamiiinn 0:)

See you someday ^_^

Dan tepat 1 bulan setelah perjalanan ke korea, gw & temen-temen ketemuan lagi untuk tukeran foto-foto dikorea sambil nonton filmnya emir "Man of Steel" jiyaaakakakkak Kita juga masih nyeritain cerita-cerita di korea yg belum dipublikasiin hahaha, buat nambah-nambah materi di blog gw hahahaha...

kumpul lagi tepat sebulan setelah pulang dari Korea ^^


1 komentar:

  1. kak baw soju ke pesawat boleh ya? masuk di kabin apa bagasi?

    BalasHapus